Workshop Data Mining & Machine Learning for Software Engineer

18.36.34
Anda sedang bekerja pada perusahaan eCommerce/marketing dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara merekomendasikan produk-produk secara cerdas seperti Amazon, Netflix? Atau Anda sedang bekerja sebagai konsultan politik, dan ingin memprediksi kemenangan calon kepala daerah sekaligus melakukan sentiment analysis terhadap calon yang diusung? Ataukah Anda bekerja di bagian keuangan, human resource, production, akademik/perguruan tinggi, perpustakaan? Maka workshop ini sangat tepat untuk Anda ikuti.
Tahun 1990-2000 an adalah era pengembangan aplikasi, software dan sistem informasi untuk memudahkan bisnis/organisasi/korporat dalam mengelola bisnisnya. Fokus sistem/software/aplikasi yang dikembangkan adalah pada transaction processing, mulai dari penyimpanan data/informasi, mengolahnya menjadi laporan-laporan rutin yang statis. Software akuntansi, ERP, HRIS, payroll, inventori, PoS, sistem informasi akademik (SIA), dan sejenisnya merupakan beberapa contoh di antaranya.
Setelah fase tersebut dilalui dan sistem informasi sudah menjadi bagian penting dalam organisasi/bisnis, ternyata saat ini keberadaan sistem-sistem tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan organisasi yang semakin berkembang dan dinamis. Dengan timbunan data yang sudah dikumpulkan terdapat banyak “harta karun” berharga yang belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal apabila data-data yang sudah bertumpuk bertahun-tahun tersebut mampu diolah dengan baik maka bisa memberikan informasi yang sangat bernilai untuk kemajuan dan pertumbuhan bisnis/organisasi ke depan.
Singkat kata, software/sistem informasi saat ini tidak lagi cukup sekedar mencatat, menyimpan dan menampilkan informasi/laporan. Tapi dituntut untuk bisa “cerdas”/intelligent sehingga bisa memberikan prediksi, saran dan rekomendasi secara akurat dan presisi yang bisa dimanfaatkan dalam mengambil keputusan-keputusan strategis dan penting guna meningkatkan value/penjualan perusahaan.
Untuk itulah workshop 3 hari ini akan membekali Anda dengan keterampilan mutakhir dalam hal pemanfaatan data mining & machine learning sehingga bisa memberikan rekomendasi produk yang tepat untuk diberikan ke pelanggan, memprediksi produk yang “hampir pasti” dibeli pelanggan, memprediksi kelayakan nasabah yang mengajukan kredit dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pelaksanaan
Tanggal          : Jumat-Minggu, 4-6 Agustus 2017
Waktu             : 08-00 – 17.00 WIB
Tempat           : Labkom ITTC UAD Lt. 4 Gedung ITC UAD Jl. Kapas No. 9 Semaki Yogyakarta
Sasaran Peserta
Software Engineer, Software Developer, Programer, Business & System Analyst, Startup Founder, Practitioner/IT Professional, Academician.
Outcome
Setelah workshop ini peserta akan mampu:
  • Mengusai metode-metode penting dalam Machine Learning & Data Mining
  • Membuat model Machine Learning & Data Mining sendiri hingga dalam bentuk API.
  • Menguji akurasi & presisi model yang dibuat
  • Menerapkan/deploy model Machine Learning & Data Mining pada software/aplikasi yang pernah/telah dibuat
Bentuk Workshop
Pemaparan konsep dasar Machine Learning & Data Mining (20%) dilanjutkan pengenalan studi kasus dan praktek langsung membuat model Machine Learning & Data Mining sendiri (80%).
Pemateri
Arif Qodari, M.Sc
Master in Artificial Intelligence University of Amsterdam
Data Scientist Salestock.id
Materi
  • Introduction to Data Science
  • Technical Setup
  • Basic Python
  • Basic Data Processing & Transformation with Pandas
  • Basic Data Visualization with Matplotlib
  • Study Case 1 – Text Classification
  • Developing sentiment classifier (positive/negative/neutral) using Naive Bayes
  • (dataset type: product review or movie review)
  • Study Case 2 – Ecommerce Product Recommender
  • Study Case 3 – Product rating Prediction
  • Evaluating machine learning model (accuracy & precision)
  • Deploy Machine Learning model as an API with Flask
Biaya
Rp. 1.275.000 (Early Bird pembayaran akhir 29 Juli 2017)
Rp. 1.500.000 (Normal pembayaran akhir 2 Agustus 2017)

Informasi & pendaftaran: 

Sigit Arifianto081 7910 3604


Tersebutlah seorang programer yang telah tiga tahun bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods. Seluruh tugas yang diberikan selalu dikerjakan dengan baik olehnya. Ini terlihat dari sistem informasi dan aplikasi yang dikembangkan perusahaan beroperasi dengan baik dan nyaman digunakan oleh penggunanya.
Di awal tahun 2017 perusahaan menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 25%. Alhasil divisi marketing dan produksi dikenakan beban kerja dan target yang cukup tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu divisi TI diminta turut mendukung divisi marketing & produksi agar bisa mencapai target tersebut secara efektif, efisien dan tepat sasaran.
Kemudian dilakukanlah rapat internal antara divisi marketing, produksi dan TI guna membahas rencana strategis untuk mencapai target yang dicanangkan. Setelah kedua divisi tersebut memaparkan rencana masing-masing, kini giliran divisi TI diminta untuk mengutarakan strategi yang akan dilakukan. Kepala divisi TI mengemukakan bahwa saat ini teknologi yang sedang booming yaitu Artificial Intelligence terutama Machine Learning & Data Mining. Dengan Data Mining, kepala divisi menambahkan, perusahaan akan bisa menentukan rekomendasi produk-produk yang tepat buat konsumen dengan tingkat kemungkinan berhasil laku/terjual lebih tinggi, lebih banyak dan lebih cepat dibanding produk-produk lain. Selain itu Data Mining akan membantu dalam melakukan rating produk, memprediksi musim-musim produk yang mengalami penjualan tinggi dan rendah, dst.
Mendengar penjelasan kepala divisi TI tersebut membuat divisi produksi dan pemasaran sangat antusias dan optimis. Alhasil, disepakati bahwa divisi TI akan mengembangkan model dan tools pendukung untuk penerapan Data Mining tersebut. Dalam kasus ini tentu saja si programer memiliki tugas baru yaitu mengimplementasikannya pada sistem dan aplikasi yang telah ada saat ini.
Akan tetapi programer ini sedikit galau karena menyadari masih sangat awam dengan Data Mining. Dulu dia pernah dengar dan baca-baca sih, tetapi tidak terlalu diseriusi karena kebutuhan pekerjaannya selama ini hanyalah mengembangkan aplikasi sesuai permintaan perusahaan. Di sisi lain waktu dia dulu sempat coba belajar sendiri malah bingung harus mulai dari mana. Statistika dulu, matematika dulu atau algoritma-algoritma machine learning dulu.
Namun, karena si programer ini selalu berpikiran positif maka dengan tugas baru ini membuatnya tertantang dan mesti belajar cepat, karena tuntutan perusahaan yang mengharuskan bisa diimplementasikan dalam tahun ini juga.
Si programer juga semakin menyadari bahwa ternyata saat ini skill sebagai programer atau software engineer tidak lagi cukup untuk bersaing di dunia kerja. Karena tuntutan saat ini selain memiliki skill programming yang mumpuni juga harus ditambah dengan kemampuan menguasai Machine Learning & Data Mining.
Secara tidak sengaja programer tersebut membaca posting di Facebook temannya yang menyelenggarakan workshop Machine Learning & Data Mining for Software Engineer selama 3 hari. Wah, pas dan cocok sekali nih dengan yang saya butuhkan, gumam si programer sumringah. Si programer ini semakin bersemangat ketika melihat pematerinya pemegang gelar Master of Science di bidang Artificial Intelligence dari University of Amsterdam Belanda, sekaligus Data Scientist Salestock yang terkenal itu…
Kemudian dia lihat harganya ternyata sangat terjangkau yaitu 1,5 juta rupiah. Bahkan pendaftaran dan pembayaran sebelum 29 Juli 2017 mendapatkan potongan 225 ribu, jadi cuma bayar 1,275 juta doang… 
Tanpa pikir panjang, si programer langsung mendaftarkan dirinya untuk mengikuti workshop tersebut yang diselenggarakan oleh ITTC Universitas Ahmad Dahlan selama 3 hari dari tanggal 4-6 Agustus 2017.
——
Apakah kamu juga sedang mengalami/menyadari hal yang sama dengan si programer di atas?
Jika ya, ayo saatnya mengupgrade skill kamu, langsung saja mendaftar workshop ini dengan mendaftar melalui tautan ini http://bitly.com/mldmuad17.
Informasi dan pendaftaran hubungi nomor 081 7910 3604.
Sampai jumpa di tempat workshop ya….
Hasil worskshop :