Rakornas APTIKOM 2020 - Rakornas APTIKOM Tahun 2020 Berlangsung Secara Virtual

05.02.40

 ENHA - Acara Rakornas APTIOM 2020 berlangsung selama 6 Hari dari tanggal 2- 7 Nopember.

Medan (7/11), Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tahun 2020 secara Virtual ditengah Pandemi Covid-19. Rakornas APTIKOM dilaksanakan pada tanggal 2 – 7 November 2020 dengan tema ‘Mewujudkan SDM Unggul melalui Kolaborasi Smart Campus dengan Stakeholders dalam Menerapkan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka’ melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan streaming melalui Youtube. Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan Rakornas yang diselenggarakan selama sepekan diisi oleh berbagai kegiatan diantaranya Intenational Conference on Informatics and Computing (ICIC 2020), Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SEMNASTIK 2020), Workshop SPMI/SPME, Implementasi Kurikulum Kampus Merdeka – Merdeka Belajar, MOOC APTIKOM, dan Workshop Penelitian dan Publikasi Bereputasi. “Jumlah peserta yang mendaftar secara komulatif mencapai 1.700 peserta untuk beragam kegiatan selama sepekan” ujarnya.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Ketua APTIKOM Prof. Zainal A. Hasibuan, atau lebih dikenal dengan Prof. Ucok. “Kegiatan Rakornas kali ini merupakan kegiatan Rakornas virtual yang pertama yang dilakukan oleh APTIKOM dikarena kondisi Covid-19, dan saya mengharapakan menjadi kegiatan Rakornas virtual terakhir yang diselengarakan oleh APTIKOM”, ujar Prof. Ucok dalam sambutannya. Prof. Ucok juga menyampaikan bahwa ada 3 kata kunci yang menjadi concern pada tema Rakornas tahun ini yakni SDM unggul, Kerjasama kampus dengan stakeholders, dan merdeka belajar. Pembukaan Rakornas, ICIC 2020 dan SEMNASTIK 2020 secara resmi dilakukan oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., selaku Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan didampingi oleh Prof. Ucok selakuk Ketua APTIKOM, Prof. Benny selaku Sekjend APTIKOM, Prof. Eko Indrajit selaku Penasehat APTIKOM dan Prof. Budi Jatmiko yang merupakan Ketua Umum APTISI. 

Pada Rakornas APTIKOM tahun ini delegasi dari APTIKOM Provinsi Sumatera Utara diwakili oleh anggotanya yang berasal dari beragam perguruan tinggi. Institusi yang mengirimkan delegasi dari APTIKOM Provinsi Sumatera Utara diantaranya STMIK Mikrosil yang juga merupakan Co-Host pada Rakornas APTIKOM dengan wakil terbanyak dari APTIKOM Sumut, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pembangunan Panca Budi, UNIKA Santo Thomas, Universitas Methodist Indonesia, UNPRI, UPH Medan, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Penerbangan dan STIKOM Tunas Bangsa.

Pada Sesi Laporan Klaster DPP & APTIKOM Provinsi, APTIKOM Provinsi Sumatera Utara diwakili oleh Dr. Muhammad Iqbal, M.Kom selaku Sekretaris APTIKOM Prov. Sumut. Dalam paparannya, Dr. M. Iqbal melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh APTIKOM Sumut yang masih belum genap 1 tahun terpilih. Kegiatan yang telah dilakukan diantaranya rapat pembentukan pengurus APTIKOM Sumut periode 2019-2020 yang dilaksanakan di Universitas Methodist Indonesia, pelantikan pengurus APTIKOM Sumut periode 2019-2023 yang dilaksanakan di Universitas Prima Indonesia, Pelaksanaan Webinar Penulisan Buku Ber-ISBN, Webinar Sosialisasi Akreditasi BAN-PT di Era Normal Baru dan Webinar Teknik Penulisan Paper Bereputasi.

Dr. Poltak Sihombing selaku ketua APTIKOM menyampaikan bahwa Rakornas ini sangat penting untuk Program Studi dan Institusi yang menjadi anggota APTIKOM. “Pelaksanaan Rakornas Tahun ini Mantap, Salut buat Panitia”, paparnya saat diminta kesan tentang pelaksanaan Rakornas tahun ini. Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Muhammad Iqbal selaku Sekretaris APTIKOM Sumut. “Menurut saya acara Rakornas tahun ini sangat unik dan menarik, unik karena sebelumnya belum pernah dilakukan seperti ini, menarik karena meskipun dilakukan secara virtual tapi tetap meriah dan rasa kekeluargaan masih terasa kental bagi para Aptikomers meskipun berjumpa hanya melalui dunia maya”, paparnya saat diminta testimonisnya. “Semoga pandemic Covid-19 cepat berlalu dan kita dapat melakukan Rakornas secara langsung di Gorontalo tahun depan”, harapnya.

Bapak Indra Kelana Jaya, M.Kom., salah satu peserta klinik SPMI/SMPE yang berasal dari Universitas Methodist Indonesia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga kita bisa melakuka perbaikan mutu secara berkelanjutan. “Apresiasi kepada APTIKOM yang telah melahirkan LAM INFOKOM, kiranya APTIKOM makin jaya dan makin banyak sharing ilmu kepada anggota APTIKOM diseluruh daerah di Indonesia”, lanjutnya.

Kegiatan Rakornas APTIKOM tahun 2020 resmi ditutup oleh Ketua APTIKOM Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D., pada hari ini, Sabtu pukul 16.15. “Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh panitia yang telah berkerja demi suksesnya pelaksanaan Rakornas APTIKOM secara virtual yang dilaksanakan selama 6 hari ini. Terima kasih juga kepada semua anggota APTIKOM yang berpastisipasi pada kegiatan Rakornas ini” ujar Prof. Ucok pada penutupan Rakornas tahun ini. Seluruh kegiatan Rakornas APTIKOM tahun ini juga dapat disaksikan melalui kanal Youtobe APTIKOM TV. (JML)


Sumber : http://aptikomsumut.org/berita/detail/rakornas-aptikom-tahun-2020-berlangsung-secara-virtual