Kamis, 19 Desember 2019

Workshop Konsep, Regulasi dan Implementasi Pendidikan Jarak Jauh

ENHAPRENEUR - Perkembangan Teknologi Informasi (TI) sudah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Pada bidang pendidikan, dampak yang muncul adalah kegiatan belajar mengajar e-learning yang merupakan sistem pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Seiring dengan hal ini, Pembelajaran Daring (online learning) telah semakin banyak diterapkan dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi. Salah satunya Universitas LIslam Negeri Sunan Kalijaga yang akan menerapkan konsep e-learning dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik, metodologi dan ketrampilan mengajar dosen dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar mahasiswa. Terkait hal itu, Laboratorium Komputer Teknik Informatika UIN mengadakan  Workshop e-learning bertempat di Hotel Colombo Yogyakarta, Kamis (19/20/2019). Diikuti sebanyak 25 peserta dari berbagai fakultas, dengan narasumber Ashari dan Nurul Hidayat.
Untuk memastikan peningkatan pemahaman dan ketrampilan para Dosen dan Laboran, workshop pengelolaan kelas online ini disesuaikan dengan konteks pembelajaran di PT.
“Secara khusus, peserta dibekali kegiatan workshop dalam mengelola kelas online, membuat perencanaan pembuatan (blue-print) bank soal yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa diimplementasikan di kelas online. Selain para Dosen, Laboran pun juga dibekali dengan cara menggunakan e-learning yang baik, dalam hal pengumpulan tugas, diskusi online, ujian online,serta penggunaan e-learning menggunakan LMS Schoology.” Tambah Nurul.
Hasil Diskusi dengan Pak Agus (UIN SUKA) Kegiatan workshop e-learning di tahun 2020 akan diadakan dengan Peserta mengundang perwakilan di seluruh Perguruan Tinggi Islam Indonesia.
Selain tujuan utama diatas,  lanjutnya, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk dukungan dan kepedulian kepada pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM dalam rangka menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0.




 

0 komentar:

Posting Komentar