Jumat, 28 Agustus 2015

Sosialisasi Kuliah DARING dan LMS ELDIRU

Dalam rangka membangun ekosistem pendidikan berbasis teknologi informasi maka LP3M UNSOED akan mengadakan Training Pengembangan Konten (e-learning) Berbasis Multimedia, untuk mengawali program itu maka LP3M Unsoed mendakan sosialisasi Program Kuliah DARING dan aplikasi Learning Management System (LMS) ELDIRU dengan nara sumber Nurul Hidayat, M.Kom, bertempat di Ruang Rapat LP3M Unsoed dihadiri oleh para WADEK 1 Fakultas. Di sampaikan juga oleh Dr. Siwi mewakili LP3M Unsoed bahwa saat ini Unsoed sedang mengembangkan aplikasi LMS dengan nama ELDIRU, Dosen harus mengupload semua bahan ajar dan proses perkuliahan di LMS tersebut ungkap Dr. Siwi

Saat ini pemerintah telah memberikan kebijakan terkait e-learning dengan Peraturan perundangan : UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 tahun 2012
tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi.

Salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah melalui kemristekdikti telah diluncurkan Pendidikan Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT).  Melalui Program PDITT untuk meningkatkan kualitas serta akses pendidikan tinggi melalui pemanfaatan teknologi informasi terus dilakukan pemerintah, salah satu upaya untuk memperluas akses dan kualitas diantaranya dengan menyediakan layanan pembelajaran dalam jaringan (Daring).

“Dengan memanfaatkan program ini, mahasiswa di seluruh Indonesia bisa mengikuti pembelajaran mata kuliah, tanpa perlu melakukan pertemuan tatap muka dengan Dosen ataupun Perguruan Tinggi dimana saja dengan kualitas terbaik yang diminati mahasiswa, dengan difasilitasi teknologi computer dan jaringan,” Ungkap Nurul Hidayat yang juga menjadi Tim PDITT Kemristekdikti.

Nurul menambahkan, dengan sistem e-learning, para dosen akan semakin terbantu karena tidak harus seratus persen bertatap muka dengan mahasiswa. Agar para dosen terbantu dalam pemantauan sistem belajar mahasiswanya.
Saat ini Program PDITT bisa di akses melalui website http://kuliahdaring.dikti.go.id/ terbuka untuk semua perguruan tinggi indonesia dengan konsep sebagai berikut.

Perbandingan LMS bisa di lihat http://amiroh.web.id/antara-moodle-edmodo-dan-schoology/

0 komentar:

Posting Komentar